Sabtu, 08 Februari 2014

Komunikasi Massa : Media



TUGAS TERSTRUKTUR INDIVIDU
MATA KULIAH KOMUNIKASI MASSA
“MEDIA”

Disusun oleh
Endah Hartimulyani Gumindar
F1C010016




Universitas Jenderal Soedirman
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
2011
Mempelajari Media dan manfaatnya
‘Media’ biasanya hanya digunakan sebagai syarat, tapi persisnya itu, media mencangkup semua hal pada sistem komunikasi modern, seperti televisi, koran, sinema, majalah, iklan, dan semua multimedia.  Kita juga dapat memasukan video games, komputer, telepon genggam pager atau yang biasa disebut dengan virtual reality, internet seri permainan binatang peliharaan. Definisi media tidaklah mudah karena media itu tidak konsisten selalu berubah sesuai dengan perkembangan bentuk dan teknologi baru.

Media tidaklah bisa dilepaskan dalam kehidupan kita, setiap hari kita hidup bersama media, dari mulai menonton televisi sampai membaca komik. Media adalah teman sehari-hari kita yang mempengaruhi setiap kehidupan kita mulai dari informasi sampai hiburan yang kita dapatkan. Dalam sebuah proses mempelajari media kita akan tahu mengapa media itu sangat bermanfaat, dan kita juga akan tahu dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh media. Tujuan mempelajari media antara lain:
1.      Mempelajari media bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, apresiasi, dan menyukai ikmedia melalui pengertian bagaimana mereka bekerja.
2.      Sistem komunikasi media yang canggih dapat digunakan untuk pertukaran ide meskipun jaraknya jauh, selain itu juga dengan adanya media kita bisa tahu tentang perbedaan budaya. Teknologi canggih dibuat untuk persebaran informasi yang lebih cepat lagi kepada seluruh massa yang ada di dunia. Media menggunakan isu dan kejadian politik sehinga kita dapat mengetahui perkembangan politik yang ada. Media memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi perkembangan dunia kedepannya, dan untuk membuktikan kebenaran ini.
3.      Media dapat menjadi pengkritik selain itu sebagai agen perubahan dalam dunia sosial dan itu berarti operator media di dunia sosial dan kerangka politk.
Kontribusi media itu tergantung sugesti. Kontradiksi ini dalam memepelajari media menjadikannya lebih disiplin. Pentingnya media dapat membuat mengembangkan keahlian yang kita miliki dan membangun kreatifitas di media.



Karateristi Media
Dalam sebuah media terdapat beberapa karakteristik yang dapat membedakan antara media dengan yang lainnya. Karakteristik media antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Media adalah sistem komunikasi manusia maksudnya adalah media dan manusia itu tidak dapat di pisahkan. Media dan manusia itu mempunyai keterkaitan satu sama lain. Media memberikan informasi dari manusia sedang informasi itu juga datang dari manusia. Manusia dengan media merupakan suatu sistem komunikasi karena selalu berkaitan dan saling membutuhkan dalam berbagi informasi.
2.      Media menggunakan industrialisasi sebagai proses memperoduksi pesan. Sebuah media tidaklah berdiri sendiri, dalam media itu terdapat banyak orang-orang yang berpengaruh, termasuk para jurnalis. Jurnalis bertugas mencari berita setiap harinya. Kemudian berita itu di sampaikan kepada editor dan di cetak dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan publiknya.
3.      Tujuan utama sebuah media itu adalah menjangkau audien yang besar. Selama media itu masih mempunyai pelanggan maka media itu akan hidup, pelanggan adalah segalanya bagi sebuah perusahaan media. Semakin besar audien yang di jangkau maka semakin hiduplah media itu.
4.      Media biasanya bertujuan juga sebagai alat komunikasi jarak jauh. Dengan menjangkau audien yang besar media tersebut tentunya juga dinikmati oleh audien itu. Contohnya dalam sebuah televisi, seseorang dari Aceh yang mengirimkan salam lewat televisi untuk saudara jauhnya di jawa.
5.      Media itu dapat disebut media  karena mereka secara harfiah  berada di tengah, atau ditengah rangkaian, pada komunikasi ini media mekanisme untuk menghubungkan pengirim dan penerima pesan.
6.      Perkembangan media dipengaruhi oleh minat komersial bahwa mengenal media itu sangat tinggi potensinya dan menguntungkan industri.

Media World
Media world adalah media yang terdapat di dunia. Media apa saja yang dipergunakan di dunia dan bagaimana proses kerja media itu. Media world juga dapat dikatakan sebagai jendela dunia, karena dengan adanya media kita dapat tahu perkembangan suatu daerah diseluruh dunia.
Pada dasarnya dengan mempelajari sebuah media kita akan dapat merasakan apa sesungguhnya media itu, bagaimana proses kerjanya dan dampak-dampak yang ditimbulkan oleh sebuah media. Namun, kita juga perlu tahu bagaimana awal proses sebuah media itu, agar kita dapat merasakan perkembangan media yang semakin cepat saat ini.

Sejarah Perkembangan Media
Sejarah singkat perkembangan media dari masa ke masa
1.      Pertama di awali pada abad ke 16 di barat, budaya mereka sudah mengenal mesin cetak. Dimana pada saat itu sudah digunakan untuk mereproduksi dan mendistribusikan informasi dan hiburan melalui pamflet, buku-buku, dan kemudian surat kabar. Perkembangan produksi paper media massa meningkat lebih banyak.

2.      Pada pertengahan abad 18 dan 19 revolusi industri di Eropa melihat bentuk baru pada kekuatan dan pembuatan utama lebih cepat perkembangannya  sesuai dengan perkembangan teknologi mesin cetak. Pada suatu waktu terdapat revolusi pada perputaran sistem komunikasi. Pentingnya perubahan sosial dan bentuk baru produksi industrialisasi, di pertumbuhan urbanisasi yang sangat besar dan bentuk baru meniru kerja dan ada waktu luang. Sehingga informasi dan hiburanpun sangat dibutuhkan dan hasilnya adalah penjualan surat kabar yang laku keras.

3.      Pada akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20 terdapat ledakan pada sistem teknologi dan komunikasi yang mana dipengaruhi kita setiap harinya di dalam kehidupan. Petualangan fotografi, film, rekaman, radio dan kemudian televisi yang kemudian berkembang menjadi telepon kemudian telegraf. Manusia hidup dalam industri, negara berkembangan membutuhkan semua ini, sebagai kondisi dasar untuk kehidupan manusia. Media adalah sumber utama dalam pengetahuan dan hiburan dan sebagian yang ada pada struktur di kehidupan kita. Bagaimanapun, media belumlah mendunia. Masih banyak orang dan banyak bidaya yang menhingdari atau memprivasikan diri dari televisi, komputer dan telepon.

4.      Pada tahun 1980 kita memasuki abad ke 21 kita mengalami dan menjalani revolusi lain di dalam komunikasi berterimakasih pada perkembangan teknologi baru, partisipasi pada komputer. Semua teknologi yaang berhubungan dengan komunikasi telah mampu mengembangkan pendidikan, hiburan dan melihat ke dunia luar, berinteraksi dengan orang di negara lain, inilah yang disebut sebagai komunikasi jendela dunia.

Pengaruh signifikan perkembangan teknologi pada perkembangan media
Dalam sejarahnya media sangat ditentukan oleh perkembangan dan kemajuan teknologi. Teknologi tidaklah bisa lepas dari kehidupan manusia termasuk dalam media. Sifat dasar manusia yang yang selalu ingin nampak sempurna menjaddi acuan tentang perubahan yang signifikan pada benda yang diciptakannya juga. Teknologi yang diciptakan selalu mengalami perubahan yang semakin menuju ke arah yang lebih baik .

Pengaruh perkembangan teknologi sendiri adalah aspek ekonomi dan sosial. Dalam aspek ekonomi teknologi dikembangkan agar mendapat keuntungan, sedangkan dalam aspek sosial teknologi dikembangkan agar dapat memudahkan pekerjaan seseorang. Pada dasarnya saling berkaitan satu sama lain karena disaat manusia butuh maka manusia lain menyediakan dengan menggunakan sistem keuntungan yang diperoleh oleh para produsem teknologi tersebut. Begitupun pada media semakin sebuah teknologi berkembang semakin jauh maka media juga melakukan perubahan dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut. Contohnya misalnya ada sebuah majalah yang pada tahun 2003 itu masih berbentuk seperti koran harganya pun cukup terjangkau oleh masyarakat, namun seiring dengan perkembangan jaman majalah itu kini berubah manjadi majalah yang bagus dari segi desain sampul hingga isinya, manarik dan penuh warna sehingga harganya pun cukup mahal tapi masih banyak yang membeli karena ada sebuah kepuasan yang diberikan majalah tersebut untuk pelanggannya.

Penggunaan media baik dari sisi positif maupun negatif
Media merupakan pemroduksi pesan yang akan disebarkan kepada khalayak luas. Banyak pro dan kontra dalam pemikir an manusia terhadap media. Selain itu juga dikarenakan cara penggunaan media di dalam masyarakat dan bagaimana potensi yang digunakan didalamnya.
Berikut adalah poin-poin dampak penggunaan media dari sisi positif dan negatif:
Media dari sis positif:
1.      Media digunakan untuk melihat dan mengtribusikan perkembangan ilmu pengetahuan sehingga menjadi populer
2.      Media dijadikan suatu inp\spirasi dalam perkembangan tersebut
3.      Media membantu kita untuk mengeksplorasi perkembangan pengertian jenis kelamin dan kekerasan yang disebabkan oleh sikap masyarakat sosial dan mengundang banyak kritik pada kelakuan yang refresented.
4.      Media dapat dipercaya dalam memberikan informasi dan dapat membuat mereka penting untuk berkontribusi untuk demokrasi dan akuntabilitas sosial dalam membuka jendela dunia.
5.      Media demokrasi, bertoleransi pada semua orang yang  ada di dunia.
6.      Media memuat buah pikiran dan perkataan secara gratis unuk disebarluaskan.
7.      Media menyiutkan dunia, menggabungkan kita, dan membawa kita menutup bersama membuat desa dunia.
8.      Media memberikan jarak suara pada perbedaan kelompok sosial dan budaya.
9.      Media adalah agen perubahan sosial

Media dari sisi negatif:
1.      media  menawarkan pengulangan pada masyarakat
2.      media dapat membuat sebagian pengamat pasif
3.      terkadang isi media juga tidak bermoral
4.      media itu seri pada konstruksi ketidak setujuan terhadap elit politik yang minoritas
5.      media melayani kepentingan koersil, dan totalnya mengontrol dengan menggunakan kooperasi dan iklan.
6.      Media dijadikan ajang bisnis
7.      Media menjadikan semuanya sama dan menghancurkan budaya minoritas
8.      Media membentuk budaya perluasan kekuasaan.
9.      Media mempertahankan status quo

Pendekatan-pendekatan dalam mengkaji media.
Ada beberapa pendekatan, dalam perkembangan mempelajari media:
Effect Research
Riset eksperimen (experimental research) merupakan pengujian terhadap efek media dibawah kondisi yang dikontrol secara hati-hati. Walaupun penelitian yang menggunakan riset eksperimen tidak mewakili angka statistik secara keseluruhan, namun setidaknya hal ini bisa diantisipasi dengan membagi obyek penelitian ke dalam dua tipe yang berada dalam kondisi yang berbeda.
Riset eksperimen yang paling berpengaruh dilakukan oleh Albert Bandura dan rekan-rekannya di Stanford University pada tahun 1965. Mereka meneliti efek kekerasan yang ditimbulkan oleh tayangan sebuah film pendek terhadap anak-anak. Mereka membagi anak-anak tersebut ke dalam tiga kelompok dan menyediakan boneka Bobo Doll, sebuah boneka yang terbuat dari plastik, di setiap ruangan. Kelompok pertama melihat tayangan yang berisi adegan kekerasan berulang-ulang, kelompok kedua hanya melihat sebentar dan kelompok ketiga tidak melihat sama sekali.
Ternyata setelah menonton, kelompok pertama cenderung lebih agresif dengan melakukan tindakan vandalisme terhadap boneka Bobo Doll dibandingkan dengan kelompok kedua dan ketiga. Hal ini membuktikan bahwa media massa memiliki peran membentuk karakter khalayaknya.
Kelemahan metode ini adalah berkaitan dengan generalisasi dari hasil penelitian, karena sampel yang diteliti sangat sedikit, sehingga sering muncul pertanyaan mengenai tingkat kemampuannya untuk diterapkan dalam kehidupan nyata (generalizability). Kelemahan ini kemudian sering diusahan untuk diminimalisir dengan pembuatan kondisi yang dibuat serupa mungkin dengan keadaan di dunia nyata atau yang biasa dikenal sebagai ecological validity Straubhaar dan Larose, 1997 :415).

Model komunikasi
Dalam mempelajari media model komunikasi sangat dibutuhkan. Model komunikasi Harold Laswell banyak digunakan dalam mempelajari media. Model Harold Lasswell:
Description: http://wcampbell5.files.wordpress.com/2009/09/lasswell.jpg
Tipe pada medianya
Who à komunikator à kontrol studi
What à pesan à konten analisis
Saluran à medianya à media analisis
Whom à penerima à analisis audien
Effect à  dampak à dampak analisis
Media dapat mempengaruhi audien secara signifakan.

Konten analisis
 Konten analisis bertujuan untuk mengetahui ukuran produksi media yang sebenarnya. Sebagai contoh kasusnya betapa banyaknya media cetak yang berupa majalah yang mengeksplor tentang wanita, karena jumlah pengonsumsi media lebh banyak di banding pria.

Isi konten analisis berupa:
Ekonomi Politik pada media
Ekonomi sangat berpengaruh pada media, karena semakin berkembangnya media semakin maju pula perekonomiannya. Media menjual isu-isu politik sebagai keuntungan.

Mempelajari budaya
media mengangkat isu sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat pada saat itu dan sebagian masyarakat yang mengkonsumsi media.

Kesimpulan:
Pendekatan media lebih mempelajari pada aspek sosiologi atau lingkungan masyarakat dan aspek keindahan yang berupa tulisan-tulisan dalam buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pernikahan

Maaf kalo Mbak Blog kaget dengan tulisanku kali ini. Maaf.. sudah setahun tidak menyentuhmu sama sekali. Dan yang perlu diperhatikan adalah,...